Kamis, 30 September 2010

Faktor-Faktor Dan Karakteristik Filsafat


BAB I
PENDAHULUAN
Mengapa manusia berfilsafat ? pertanyaan ini merupakan dasar dan titik awal manusia berfilsafat. Dalam kaitan ini perlu dijelaskan bahwa sepanjang sejarah kefilsafatan dikalangan filsut terdapat tiga hal yang mendorong manusia untuk berfilsafat yaitu : kekaguman atau keheranan, keraguan atau kesangsian, kesadaran akan keterbatasan. Dan pada umumnya seorang filsut mulai berfilsafat karena adanya rasa kagum atau adanya rasa heran dalam pikiran filsafat itu sendiri.
Seorang yang berfilsafat dapat diumpamakan seorang yang berpijak di bumi sedang tengadah ke bintang-bintang. Dia ingin mengetahui hakikat dirinya dalam kesemestaan galaksi. Atau seoarang yang sedang berdiri di puncak gunung, memandang ke ngarai dan lembah dibawahnya, dia ingin menyimak kehadirannya dengan kesemestaan yang ditatapnya.
Dalam hal ini dialami oleh Plato ( filsut Yunani, guru dari Aristoteles ) menyatakan bahwa : “Mata kita memberi pengamatan bintang-bintang, matahari dan langit. Pengamatan ini memberi dorongan kepada kita untuk menyelidiki. Dan dari penyelidikan ini berasal filsafat.
Sementara Augustinus dan Rene Descartes memulai berfilsafat bukan dari kekaguman atau keheranan akan tetapi mereka berfilsafat dimulai dari keraguan atau kesangsian sebagai sumber utama berfilsafat. Manusia heran, tetapi kemudian ia ragu-ragu. Apakah ia tidak ditipu oleh panca inderanya yang sedang heran ?
Rasa heran dan meragukan ini mendorong manusia untuk berpikir lebih mendalam, menyeluruh dan kritis untuk memperoleh kepastian dan kebenaran yang hakiki. Berpikir secara mendalam, menyeluruh dan kritis seperti ini yang disebut berfilsafat.
Berfilsafat dapat pula dimulai dari adanya suatu kesadaran akan keterbatasan pada diri manusia. Berfilsafat kadang-kadang dimulai apabila manusia menyadari bahwa dirinya sangat kecil dan lemah terutama di dalam menghadapi kejadian-kejadian alam. Apabila seorang merasa, bahwa ia sangat terbatas dan terikat terutama pada waktu mengalami penderitaan atau kegagalan, maka dengan adanya kesadaran akan keterbatasan dirinya tadi manusia mulai berfilsafat. Ia akan memikirkan bahwa di luar manusia yang terbatas pasti ada sesuatu yang tidak terbatas yang dijadikan bahan kemajuan untuk menemukan kebenaran hakiki.
Sekarang kita sadar bahwa semua pengetahuan yang ada sekarang, dimulai dengan spekulasi. Dari serangkaian spekulasi ini kita dapat memilih buah pikiran yang dapat diandalkan yang merupakan titik awal dari penjelajahan pengetahuan. Tanpa menetapkan kriteria tentang apa yang disebut benar maka tidak mungkin pengetahuan lain berkembang di atas dasar kebenaran. Tanpa menetapkan apa yang disebut baik atau buruk maka kita tidak mungkin berbicara tentang moral. Demikian juga tanpa wawasan apa yang disebut indah atau jelek tidak mungkin kita berbicara tentang kesenian.


BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Tentang Filsafat
Istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu philosophia yang dalam perkembangannya berikutnya dikenal di dalam bahasa lain yaitu : philosophie ( Jerman, Belanda dan Perancis ), philosophy ( Inggris ), philosophia ( Latin ) dan dalam bahasa Indonesia filsafat berasal dari pemakaian dalam bahasa Arab falsafah yang berarti mencintai hikmah.
Pengertian filsafat berdasarkan asal kata tersebut akan menghasilkan pengertian yang berbeda-beda dalam makna yang tidak hakiki, jadi perbedaan tersebut hanya bersifat gradasi ( naik, yaitu dari ragu menjadi yakin ) saja. Aktivitas akal budi yang dilakukan oleh filsut yang berupa philosopein memiliki dua unsur pokok, yaitu pertama philein dan sophos, kedua philos dan sophia.
Akar pengertian istilah tersebut dapat diurai sebagai berikut. Pertama unsur philien dan sophos, philien berarti mencintai, dan sophos berarti bijaksana. Istilah philosophia dengan akar kata philien dan sophos berarti mencintai akan hal-hal yang bersifat bijaksana. Istilah philosophia dengan akar kata philos dan sophia berarti kawan kebijaksanaan. Philosophia menurut arti katanya adalah cinta akan kebijaksanaan dan berusaha untuk memilikinya.
Berdasarkan uraian tersebut diatas dapat dipahami bahwa filsafat (philosophia) berarti cinta kebijaksanaan. Seorang filsut adalah pencari kebijaksanaan, ia adalah pencinta kebijaksanaan dalam arti hakikat. Seorang filsut mencintai atau mencari kebijaksanaan dalam arti yang sedalam-dalamnya. Seorang fisut adalah pencinta atau pemakaian istilah filsafat pertama kali digunakan oleh Pythagoras. Pada saat itu pengertian filsafat menurutnya menurutnya belum begitu jelas, kemudian diperjelas oleh kaum sophist yang dipelopori oleh Socrates, yang telah menjelaskan pengertian filsafat yang tetap dipakai hingga saat ini.
Beberapa pengertian yang dirumuskan oleh para filsut diantaranya :
1. Plato, filsafat adalah pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran asli.
2. Aristoteles, filsafat adalah ilmu ( pengetahuan ) yang meliputi kebenaran yang terkandung didalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik dan estetika ( filsafat keindahan ).
3. Al Farabi, filsafat adalah ilmu tentang alam wujud bagaimana hakikat yang sebenarnya.
4. Rene Descrartes, filsafat adalah kumpulan segala pengetahuan di mana Tuhan, alam dan manusia menjadi pokok penyelidikan.
5. Immanuel Kant, filsafat adalah ilmu yang menjadi pokok pangkal dari segala pengetahuan, yang didalamya tercakup masalah epistemologi ( filsafat pengetahuan ) yang menjawab persoalan apa yang dapat kita ketahui ? Masalah etika yang menjawab persoalan apa yang harus kita kerjakan ?
6. Langeveld, filsafat adalah berpikir tentang masalah-masalah yang akhir dan yang menentukan, yaitu masalah-masalah yang mengenai makna keadaan, Tuhan keabadian dan kebebasan.
7. Hasbullah Bakry, filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan, alam semesta dan manusia senhingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai akal manusia dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.
B. Faktor – Faktor Filsafat
Faktor-faktor yang menyebabkan lahirnya filsafat adalah sebagai berikut :
1. Pertentangan Mitos dan Logos
Di kalangan masyarakat Yunani dikenal adanya Mitos dan logos. Mitos sebagai suatu keyakinan lama yang berkembang dengan pesat, seperti mite kosmologi yang melukiskan kejadian-kejadian alam. Mite-mite tersebut tersusun sedemikian rupa sehingga menjadi keyakinan yang mapan, walaupun diakui mite tersebut tidak rasional. Di dalam penyusunan mite peran penyair sangat penting seperti Hesiodes ( 550 SM ) dengan bukunya ” Theogonia ” ( kejadian alah-alah ), Orpheus dari kalangan Orfisme dan Pherekydes dari Syros.
Logos adalah suatu potensi yang ada dalam diri manusia yang selalu siap untuk berfikir yang bisa diartikan dengan akal. Di dalam kehidupan mereka sering sekali dipertentangkan antara mitos dan logos yang dimenangkan logos.
2. Rasa Ingin Tahu
Adanya keinginan mempertentangkan antara mite dan logos disebabkan oleh rasa keingintahuan manusia tentang dunia yang dihadapinya. Mite-mite yang sifatnya tidak rasional memberikan ketidakpuasan manusia sehingga mendorong mereka mencari jawabannya pada logos. Jawaban-jawaban inilah yang kemudian disebut filsafat. Dalam kaitan ini Dick Hartoko mengatakan : filsafat berawal dari rasa heran dan kagum, hal-hal yang dalam kehidupan sehari-hari dianggap sebelumnya luar biasa, kelahiran dan kematian, ada dan tidak ada susul menyusul. Manusia mencari prinsip umum yang mendasari keseluruhan sebagai suatu sistem atau struktur yang memberi arti kepada segala sesuatu.
3. Rasa Kagum
Selain rasa ingin tahu dan pertentangan antar mitos dan logos, menurut Plato, filsafat juga lahir karena adanya kekaguman manusia tentang dunia dan lingkungannya. Rasa kagum mendorong manusia untuk memberikan jawaban-jawaban dalam bentuk praduga. Praduga ini kemudian dipikirkan oleh logos dalam bentuk rasionalisasi. Rasionalisasi ini merupakan awal lahir filsafat, misalnya para filsut Yunani yang kagum terhadap alam semesta, mencoba merumuskan asal muasal arche dari alam semesta tersebut sehingga muncullah aneka teori diantaranya :
a. Thales yang mengatakan bahwa alam semesta berasal dari air
b. Anaximandros yang mengatakan bahwa alam semesta berasal dari apairon
c. Anaximenes yang mengatakan bahwa alam semesta berasal dari udara
d. Democrios yang mengatakan bahwa alam semesta berasal dari atom
e. Empedocles yang mengatakan bahwa alam semesta berasal dari empat unsur yaitu api, tanah, air dan udara
4. Perkembangan kesusastraan
Faktor lain yang juga penting adalah perkembangan kesusastraan. Kesusastraan Yunani mengandung ungkapan-ungkapan yang berisikan teka-teki, dongeng-dongeng dan ungkapan-ungkapan yang metaforis. Ungkapan-ungkapan tersebut diinterpretasikan oleh para pemikir Yunani seperti Homerus dalam karyanya Illusi dan Odyssea mempunyai kedudukan yang istimewa dalam perkembangan filsafat. Plato mengatakan bahwa Homerus sangat berperan penting dalam mendidik bangsa Hellas (Yunani). Lain halnya dengan K. Bertens, dia mengatakan bahwa karya Homerus seperti wayang dalam kebudayaan Jawa, karena berisikan pantun-pantun yang mempunyai nilai hiburan dan edukatif.
C. Karakteristik Filsafat
Pemikiran kefilsafatan memiliki ciri-ciri khas ( karakteristik ) tertentu, sebagian besar filsut berbeda pendapat mengenai karakteristik pemikiran kefilsafatan. Apabila perbedaan pendapat tersebut dipahami secara teliti dan mendalam, maka karakteristik pemikiran kefilsafatan tersebut terdiri dari :
a. Integralistik ( menyeluruh ), artinya pemikiran yang luas, pemikiran yang meliputi beberapa sudut pandangan. Pemikirann kefilsafatan meliputi beberapa cabang ilmu, dan pemikiran semacam ini ingin mengetahui hubungan antara cabang ilmu yang satu dengan yang lainnya. Integralitas pemikiran kefilsafatan juga memikirkan hubungan ilmu dengan moral, seni dan pandangan hidup.
b. Fundamental ( mendasar ), artinya pemikiran mendalam sampai kepada hasil yang fundamental ( keluar dari gejala ). Hasil pemikiran tersebut dapat dijadikan dasar berpijak segenap nilai dan masalah-masalah keilmuan ( science )
c. Spekulatif, artinya hasil pemikiran yang diperoleh dijadikan dasar bagi pemikiran-pemikiran selanjutnya dan hasil pemikirannya selalu dimaksudkan sebagai medan garapan ( objek ) yang baru pula. Keadaan ini senantiasa bertambah dan berkembang meskipun demikian bukan berarti hasil pemikiran kefilsafatan itu meragukan, karena tidak pernah selesai seperti ilmu-ilmu diluar filsafat.




BAB III
PENUTUP
Dari uraian tersebut diatas, mulai tergambar bagi kita apa defenisi dari filsafat, walaupun masih sulit untuk mendefinisikan arti yang sebenarnya dari filsafat itu, karena filsafat memiliki ruang lingkup yang cukup luas dan objeknya meliputi kesemestaan.
Kita juga dapat mengetahui mengapa manusia berfilsafat ? dimana pertanyaan ini merupakan dasar dan titik awal manusia berfilsafat. Rasa kekaguman atau keheranan, keraguan atau kesangsian mendorong setiap manusia berpikir lebih mendalam, menyeluruh dan kritis untuk memperoleh kepastian akan kebenaran yang hakiki, dimana berpikir seperti ini yang disebut filsafat.
Walaupun berfilsafat dapat pula dimulai dari kesadaran akan keterbatasn pada diri manusia. Dimulai apabila menyadari bahwa dirinya sangat kecil dan lemah terutama di dalam menghadapi gejala-gejala alam.
Dan juga kita dapat mengetahui karakteristik pemikiran kefilsafatan yaitu : integralistik ( menyeluruh ), fundamental ( mendasar ) dan spekulatif.
DAFTAR PUSTAKA
1. Hasan Bakti Nasution, 2001, Filsafat Umum, Jakarta, Gaya Media Pratama
2. Junus, H. Ismet, LMP, SDE, Pengantar Filsafat
3. Sudarsono, Drs., S.H., M.Si.,2001, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar, Jakarta, Rineka Cipta
4. Suriasumantri, Jujun S., 2005, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta, Pustaka Sinar Harapan
5. Tafsir, Prof. Dr. Ahmad, 2006, Filsafat Ilmu, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar