Senin, 25 Januari 2010

Mungkin Ini Yang Dirasakan Bulan Pertama Kehamilan

Mungkin Ini Yang Dirasakan Bulan Pertama Kehamilan - Sejak bulan pertama kehamilan, Anda akan mengalami sedikit ketidaknyamanan. Ada kondisi-kondisi tertentu yang umumnya akan dirasakan oleh calon ibu.

Berikut adalah kondisi umum yang dirasakan kebanyakan calon ibu di bulan pertama yang dituliskan Arlene Eisenberg, Heidi Murkoff, dan Sandee Hathaway dalam buku Kehamilan: Apa yang Anda Hadapi Bulan per Bulan. Di suatu saat Anda mungkin mengalami semua gejala di bawah ini, dan di saat lain hanya mengalami satu atau dua gejala berikut;


Ketahuilah tanda-tanda dan apa yang wajar dan yang harus diperhatikan


Fisik:

* Tidak terjadi menstruasi (walaupun bisa terjadi sedikit perdarahan pada saat biasanya Anda mengalami menstruasi atau ketika telur yang telah dibuahi tertananam di rahim).
* Keletihan dan rasa kantuk.
* Sering buang air kecil.
* Mual, dengan atau tanpa muntah, dan/ keluarnya ludah yang berlebihan (ptyalism).
* Perut terasa panas, gangguan pencernaan, gas dalam perut, dan kembung.
* Enggan makan dan mengidam.
* Perubahan pada payudara (perubahan lebih besar terjadi pada wanita yang mengalami perubahan payudara sebelum masa menstruasi): rasa penuh, berat, nyeri tekan, rasa gelitik, areola (daerah sekitar puting) menghitam, kelenjar keringat pada areola menonjol (tuberkel Montgomery) seperti bintil-bintil, jaringan alur-alur biru tampak di bawah kulit karena masukan darah ke payudara meningkat (walau alur-alur ini baru akan tampak belakangan).

Emosi:

* Ketidakstabilan serupa dengan sindroma sebelum masa menstruasi, di antaranya; cepat tersinggung, suasana hati yang berubah-ubah, tidak rasional, cengeng.
* Perasaan was-was, takut, gembira, elasi (rasa senang berlebihan yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas fisik dan mental) – salah satu atau semua perasaan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar