Sabtu, 30 Januari 2010

Langkah Mewujudkan Harapan Lima Tahun ke Depan

BANYAK orang memiliki impian yang ingin diwujudkan dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Misalnya, memiliki rumah dan kendaraan pribadi, terbebas dari utang, atau menikmati cuti panjang dengan berlibur keliling dunia. Anda perlu motif agar rencana tersebut bisa menjadi kenyataan asalkan Anda memiliki tekad dan komitmen kuat untuk mewujudkannya.

Lima tahun bukan jangka waktu yang terlalu panjang. Lupakan pembicaraan tentang bagaimana cara membayar biaya pendidikan anak-anak atau merencanakan masa pensiun Anda. Di sini, kita membicarakan bagaimana cara menetapkan tujuan selama periode yang cukup singkat sehingga terasa nyata, tetapi cukup lama untuk memungkinkan Anda merealisasikan sejumlah hal.

Anda perlu membuat, membaca ulang, dan kadang-kadang merevisi rencana keuangan Anda sehingga menjadi sangat realistis untuk dilaksanakan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diambil untuk membuat rencana keuangan lima tahun:

1. Tujuan spesifik
Memang mustahil meramalkan secara tepat pekerjaan apa yang akan Anda geluti, di mana Anda akan tinggal, atau berapa jumlah dana di rekening tabungan dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Akan tetapi, semakin spesifik Anda menentukan situasi finansial yang diinginkan selama jangka waktu tersebut, maka semakin baik.

Daripada hanya mengatakan bahwa Anda ingin memiliki tabungan dana darurat dalam waktu lima tahun ke depan, lebih baik tuliskan secara persis berapa besar dana darurat yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan rumah, tuliskan berapa harga rumah yang ingin dibeli dan berapa besar hipotek yang harus dibayarkan.

2. Realistis
Meskipun Anda tidak mau menetapkan tujuan yang secara mudah dapat dicapai dalam waktu hanya dua tahun, Anda pun tentu tidak ingin mengalami kegagalan. Oleh karena itu, tetapkan tujuan finansial yang masuk akal dan
sesuai dengan besar penghasilan. Kalkulasikan berapa besar uang yang dapat Anda sisihkan/hasilkan dalam jangka waktu lima tahun, dan tetapkan tujuan finansial Anda berdasarkan pengetahuan tersebut.

3. Tercatat
Ketika Anda menuangkan tujuan finansial ke dalam bentuk catatan hingga mudah terbaca dan menjadi acuan. Langkah ini akan semakin mendorong Anda untuk mencapai tujuan. Selain itu, Anda juga akan memiliki bukti pengingat yang konkret setiap kali membutuhkannya. (OL-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar