Kamis, 23 September 2010

Atasi Nyeri Saat Ngeseks Dengan Kegel



Anda sering mendengar tentang latihan atau senam kegels. Kegunaannya antara lain untuk melatih otot di organ vital agar dapat merasakan orgasme yang lebih memuaskan. Namun, bagaimana sebenarnya cara melakukan senam ini?
Kegels membentuk dan menguatkan otot-otot pubococcygeal (PC)—tiga set otot yang menggerakkan punggung hingga ke tulang kemaluan, mengelilingi pembukaan vagian dan rektum (bagian usus besar yang berakhir di dubur). "Selama orgasme, otot-otot ini berkontraksi secara ritmis. Jika otot ini semakin kuat, sensasinya pun semakin intens," ujar urogynecologist Hilary Cholhan, M D, Direktur Rochester Regional Continence Center di Rochester, NY. Selain itu, otot PC wanita yang kuat dapat mencengkeram penis pasangannya dan dengan sendirinya meningkatkan sensasi pasangan dengan mengontraksi dan melepas otot-otot PC ini.
Ingin tahu di mana letak otot-otot ini? Temukan dengan cara menahan air seni saat Anda sedang berada di kamar mandi. Namun, jangan melakukan kegels secara rutin saat Anda memang sedang ingin buang air atau kantong kemih penuh dengan air seni karena hal ini justru akan melemahkan otot-otot PC. Anda juga dapat menemukan otot-otot PC dengan menyelipkan sebuah jari ke dalam vagina, lalu coba tekan jari Anda. Pastikan Anda tidak meregangkan otot paha, bokong, atau anus. Lalu lakukan latihan ini:
The Basic Kegel: Dengan perlahan kontraksikan otot-otot Anda, tarik ke dalam dan ke atas. Tahan dalam tiga hitungan, lalu perlahan lepaskan selama tiga detik. Ulangi lagi sebanyak Anda bisa, 25 atau 30 kali selama tiga detik.
Flutter Kegels: Remas dan lepaskan otot PC dengan cepat dalam gerakan berdenyut. Sebagai awal, usahakan agar denyutannya konsisten. Hal ini bisa berhasil jika Anda sering berlatih. Lakukan 25-30 denyutan.
The Kegel Push-Out: Setelah melepaskan kontraksi, dorong ke bawah dan keluar secara halus otot-otot PC. Ciptakan sekuens kegel yang mengombinasikan pengulangan panjang dan pendek dengan dorongan keluar (seperti saat ingin buang air besar, namun menggunakan otot PC). Contohnya 10 kontraksi pendek, 10 kontraksi panjang, dan 5 dorongan keluar.
Elevator Kegels: Bayangkan vagina sebagai poros lift, dengan motor lift pada bagian pembukaan vagina. Kencangkan otot-otot sedikit demi sedikit seolah Anda sedang menaikkan lift, berhenti di puncaknya, lalu menurunkannya lagi. Ulangi 10 kali.
Agar otot-otot PC dapat betul-betul bekerja, lakukan kegels dalam berbagai posisi, seperti saat berdiri, duduk, berbaring, atau berlutut, dua atau tiga kali sehari. Jika Anda melakukannya secara rutin, Anda akan merasakan perbedaannya dalam 8-12 minggu.

Rasa nyeri yang dialami perempuan saat melakukan hubungan seks ada solusinya. Sakit saat intercourse atau disebut dispareunia, adalah kondisi di mana individu merasakan sakit pada alat vital atau area sekitarnya saat melakukan hubungan seksual. Hal ini disebabkan oleh kondisi psikis, hormonal, atau emosi.

Umumnya, perempuan mendapati gejala ini pascapersalinan, atau ketika memasuki masa menopause. Penyebabnya, karena adanya perubahan pada struktur dan elastisitas dinding vagina. Kondisi yang berubah ini juga menyebabkan vagina kering.

Terapi hormon atau konseling seks menjadi cara mengatasinya. Namun, rasa nyeri ini bisa juga dikurangi dengan latihan kegel. Mayo Clinic merekomendasikan latihan kegel sebagai cara efektif mengurangi nyeri saat berhubungan seks. Simak tekniknya:

1. Temukan otot PC
Otot pubococcygeus atau PC adalah otot di sekitar panggul dan dinding vagina. Otot pada tulang kemaluan hingga ke tulang ekor. Inilah yang perlu dilatih dengan melakukan kegel. Cara menemukan otot PC adalah dengan memasukkan jari Anda (yang sudah dalam keadaan bersih) ke dalam lubang vagina. Lalu jepit jari dengan kekuatan otot di sekitarnya. Kekuatan jepitan ini menunjukkan kemampuan otot PC Anda.

2. Tahan posisi 10 detik
Jika sudah menemukan otot PC, mulailah latihan kegel. Lakukan gerakan seperti sedang menahan buang air kecil, dengan menggunakan otot vagina dan panggul. Tahap pertama, tahan selama lima hitungan. Lalu lepaskan kontraksi selama lima detik untuk kembali ke posisi normal. Ulangi menahan dan kontraksi selama 10 detik, dengan rehat selama 10 detik di antara gerakan.

3. Kencangkan otot  10-50 kali lebih cepat
Jika sudah mengenali tekniknya, kali ini lakukan lebih cepat dengan hitungan 10 hingga 50 kali.

4. Kombinasi gerakan menahan dan gerakan cepat
Lakukan teknik gerakan menahan lama seperti pada teknik nomor dua, lalu kombinasikan dengan gerakan fleksibilitas seperti teknik nomor tiga. Lakukan tiga kali sehari untuk meningkatkan stabilitas otot panggul dan vagina.

5. Lakukan kegel saat berhubungan seks
Cobalah melakukan kegel dengan menjepit penis saat berhubungan seks. Cara ini bisa mengurangi rasa nyeri saat bersenggama. Dengan cara ini Anda dan pasangan juga bisa mengontrol respons seksual lebih baik lagi. Begitupun untuk suami, kegel berguna untuk mengontrol ejakulasi. Latihan kegel juga membantu perempuan untuk mencapai orgasme yang lebih hebat dan memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar